Logo Kementrian Pemuda dan Olahraga RI
Jangan pernah kita menyepelekan pentingnya olahraga untuk kesehatan tubuh kita. Walaupun kita sudah berusia lanjut tetap membutuhkan yang namanya olahraga olah tubuh shobt.

Apalagi kita ingat waktu kita masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) bahkan sampai ke jenjang perguruan tinggi, guru selalu menanamkan kepada siswa-siswi atau dosen kepada mahasiswa prinsip “Dalam Raga Yang Kuat Terdapat Jiwa Yang Sehat” . Namun, untuk mencapai badan yang selalu sehat tidak begitu mudah, karena butuh kerja keras dan pengaturan diri yang harus maksimal.

Setiap hari sahabat-sahabat pasti tidak hanya makan satu dua jenis makanan dan minuman, melainkan mengonsumsi berbagai macam makanan dan minuman, dan banyak dari bahan-bahan yang dikandung oleh makanan dan minuman tersebut yang masuk ke dalam tubuh sahabat-sahabat yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh. Seperti contoh berasal dari makanan yang mengandung banyak kolesterol dan lemak.

Kolesterol yang tidak bisa kita kontrol atau atur akan terus mengendap dan lama kelamaan akan menimbun di dalam tubuh. Dengan kondisi seperti itu maka akan memunculkan bahaya bagi tubuh kita, misalnya seperti penyakit jantung bahkan sampai stroke.

Nah, cara yang paling aman dan mudah agar zat-zat yang berbahaya dalam tubuh kita bisa keluar adalah dengan cara berolahraga. Dengan berolahraga, keringat akan keluar melalui pori-pori kulit sehingga hal ini akan memaksa zat yang berbahaya dalam tubuh itu terkikis dengan sendirinya.

Selain kolesterol, lemak juga akan ikut terbakar, karena tubuh kita membutuhkan asupan energi darinya. Dan memang benar membiasakan diri untuk melakukan olahraga secara rutin sangat tidak mudah, butuh yang namanya kesabaran dari diri kita sendiri untuk memulai dan terus berolahraga. Sebelum kita melakukan olahraga alangkah baiknya sahbat-sahabat merencanakan jadwal kegiatan selama satu minggu. Biasanya seseorang dalam seminggu dua kali. Misalnya sahabat-sahabat bisa mengambil akhir pekan yaitu hari sabtu dan minggu untuk berolahraga, ini agar kita bisa konsisten melakukannya mengingat kesibukan kita.

Setelah itu, pilih waktu yang tepat yaitu di pagi hari atau sore hari, namun apabila kondisi siang hari tidak memungkinkan maka berolahraga di malam hari, namun pilih tempat yang berada di indor (di dalam ruangan), agar terhindar dari dinginnya udara malam hari dan CO2 yang lebih di malam hari.

Berolahraga sangat asyik dan seru apabila dilakukan bersama-sama dengan teman, keluarga, atau dengan orang terdekat kita. Misalnya bermain futsal, bulu tangkis, joging, tenis, volly ball, dan sebagainya. Intinya adalah pilih jenis olahraga yang banyak disukai oleh banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Captcha Box * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.